Mengetes ‘Multiple Intelligences”(Rebloged)!


Howard Gardner membagi kecerdasan ke dalam 8, yaitu kecerdasan verbal/bahasa, kecerdasan logika/matematika, kecerdasan spasial/visual, kecerdasan tubuh/kinestetik, kecerdasan musical/ritmik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan spiritual.

Secara lebih lengkap, penjelasan masing-masing adalah sebagai berikut :

  1. Kecerdasan Verbal /bahasaKecerdasan bahasa/linguistic/verbal adalah kemampuan merangkai kata-kata baik lisan maupun tulisan. Tremasuk ke dalam kecerdasan ini adalah kemampuan untuk menulis, membuat puisi, memainkan drama atau sinetron.Contoh pemilik kecerdasan ini adalah William Dhakespeare, Taufik Ismail, Ir. Soerkarno, Christine Hakim
  2. Kecerdasan Logika/MatematikaKecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan memecahkan masalah, memikirkan dan menyususn solusi akan sesuatu. Bersifat analitik dan saintifik. Pemilik kecerdasan ini menyenangi angka, ukuran, logika dan keteraturan.Orang yang memiliki kecerdasan ini semisal BJ. Habibi.
  3. Kecerdasan spasial/visualKecerdasan ini menyangkut kemampuan menghasilkan imajinasi grafis, sanggup berfikir tiga dimensi secara akurat. Visual berkaitan degan gambar, sedangkan visual berkenaan dengan ruang atau tempat. Pemilik kecerdasan ini menyenangi permainan akan warna, garis, bentuk, ruang dan ukuran.Tokoh pemilik kecerdasan visual ini misalkan Picasso, Garin Nugroho
  4. Kecerdasan tubuh/kinestetikKecerdasan ini meliputi kemampuan dalam mengolah tubuh, misalkan menari, senin bela diri, pantomime.Orang yang memiliki tipe kecerdasan ini adalah Michael Jordan, David Bechkam.
  5. Kecerdasan musical/ritmikKecerdasan ini meliputi kepekaan terhadap ritme, melodi dan timbre dari music yang didengar. Bentuk kecerdasan ini sangat menyenangkan, karena musik memiliki kapasitas unutk mengubah kesadaran kita, menghilangkan stress dan meningkatkan fungsi otak.Tokoh yang sudah mengembangkan kecerdasan ini misalnya Stevie Wonder, Melly Goeslow, Titik Puspa.
  6. Kecerdasan InterpersonalPemilik kecerdasan ini biasanya pandai membaca suasana hati, temparemen, dan maksud orang lain. Peka terhadap ekspresi wajah, suara, dan gerakan tubuh orang lain. Mereka mampu mengerti dunia orang lain dan bisanya mudah diterima dalam pergaulan.Contoh pemilik kecerdasan ini adalah Konselor, Terapis, Manajer.
  7. Kecerdasan IntrapersonalKecerdasan intrapersonal adalah kemampuan untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan diri sendiri. Mereka ini biasanya mampu memotivasi dirinya sendiri dan sangat disiplin menggapai target diri.Tokoh-tokoh agama dan para psikolog biasanya termasuk pemilik kecerdasan ini karena memiliki cirri bijaksana.
  8. Kecerdasan Spiritual . Kecerdasan ini merupakan gabungan antara kecerdasan interpersonal dan intrapersonal. Sehingga pemiliknya biasanya mampu memberikan tambahan “nilai” pada setiap tindakan, biasanya nilai-nilai rohaniah.

Setiap orang bisa jadi memiliki tipe kecerdasan yang berbeda satu sama lainnya, sehingga seharusnya segala tindakan yang dilakukan di sekolah dan orang tua bisa melihat perbedaan-perbedaan tersebut.

Atau bisa saja seseorang memiliki kecerdasan gabungan antara kecerdasan satu degan yang lain. Yang terpenting adalah ketika kita mengidetifikasi kecerdasan apa yang kita miliki dan kita mampu mengoptimalkan kecerdasan itu.

Dari delapan tipe kecerdasan menurut Gardner di atas, kita bisa melakukan tes untuk mengetahui ada di mana kecerdasan kita. Salah satunya adalah dengan mengisi kuesioner yang ada di sini.

This Article Was Rebloged from Wordpress Bu Mugi , Visit for more interesting article.

Komentar

  1. kunjungan sob . .
    bagi"motivasi ya sob :)
    "Apa pun yang Anda percaya, dengan keyakinan, akan menjadi kenyataan.Keyakinan Anda sangatlah menentukan kenyataan hidup Anda.
    Ditunggu kunjungan baliknya :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MIND MAP : PKN,NORMA

MIND MAP : BIOLOGI,VIRUS

MIND MAP : NORMA